Bisnis Online Tanpa Modal untuk Pelajar

Perkembangan teknologi membuat orang-orang dapat memulai bisnis dengan sangat mudah. Hanya dengan berbekal perangkat elektronik yang dapat terhubung dengan jaringan internet seperti smartphone atau laptop, Anda sudah dapat berbisnis online. Dengan semua kemudahan ini, pelajar pun dapat memulai bisnis pada usia dini.

Bisnis online tanpa modal untuk pelajar yang dapat dilakukan antara lain:

  1. Dropshipper

Bisnis online yang direkomendasikan untuk pelajar salah satunya adalah dropshipper. Bisnis online yang satu ini benar-benar tidak membutuhkan modal selain jaringan internet dan smartphone. Pasalnya, barang atau produk yang dijual oleh dropshipper sejatinya bukan milik mereka sendiri, melainkan milik supplier.

Dengan kata lain, sistem bisnis online dengan cara dropship ini sama seperti mengiklankan dan menjualkan produk orang lain atas nama Anda. Saat ada konsumen yang memesan melalui Anda, pesanan tersebut diteruskan ke supplier.

Selanjutnya, produk yang dipesan akan dikirim ke konsumen oleh supplier, tetapi menggunakan nama Anda sebagai penjual. Oleh karena itulah berbisnis online dengan cara dropship sangat direkomendasikan untuk pelajar yang ingin belajar bisnis, tapi tidak memiliki modal.

  1. Jual Pulsa Online

Selain menjadi dropshipper, jual pulsa online juga dapat dilakukan oleh pelajar. Walau tetap membutuhkan modal untuk membeli saldo pulsa, modal yang dibutuhkan relatif sedikit. Oleh karena itulah bisnis ini dapat dilakukan oleh pelajar sekalipun.

Di samping menjual pulsa kepada teman sekolah, pelajar juga dapat mempromosikan dan menjualnya secara online, yaitu dengan mempromosikannya melalui media sosial. Dengan begitu, pelanggan atau konsumen yang memesan pulsa menjadi lebih banyak. Tidak terbatas pada teman maupun guru di sekolah.

  1. Jasa Penulis Konten

Usaha atau bisnis ini sangat direkomendasikan untuk pelajar yang senang menulis atau membuat karangan. Pasalnya, untuk menjadi penulis konten, dibutuhkan keahlian untuk mengarang dan menulis agar tulisan yang dihasilkan dapat menarik perhatian pembaca.

Bisnis ini dapat dilakukan sendiri maupun bergabung dengan perusahaan yang merekrut penulis konten. Jika dilakukan sendiri, maka pelajar dapat mempromosikannya di media sosial seperti Instagram (IG) maupun media sosial lainnya.

  1. Jasa Desain Grafis

Pelajar dan anak muda zaman sekarang umumnya sudah melek teknologi. Pasalnya, sudah tersedia smartphone dengan berbagai aplikasi yang canggih, tak terkecuali aplikasi desain grafis.

Bagi pelajar yang memiliki hobi mendesain atau membuat sesuatu menggunakan aplikasi desain grafis, usaha ini sangat direkomendasikan. Pasalnya, usaha ini tak hanya memberikan uang saku tambahan, tetapi juga dapat mengasah skill dan bakat desain grafis yang dimiliki.

  1. Jasa Fotografi

Usaha jasa fotografi ini hanya dapat dilakukan oleh pelajar yang memiliki kemampuan untuk memotret dengan indah. Hasil jepretan ini dapat diunggah di akun media sosial seperti Instagram yang memang dirancang khusus untuk berbagi foto.

Pastikan untuk meng-upload foto-foto indah hasil jepretan secara berkala. Hal ini penting untuk menambah pengikut atau followers. Dengan begitu, akan semakin mudah untuk mempromosikan usaha jasa yang dimiliki.

Meski disebut bisnis online tanpa modal untuk pelajar, nyatanya tetap saja membutuhkan modal, minimal waktu dan tenaga untuk memulai dan menjalankannya. Oleh karena itulah usaha dan kerja keras sangat diperlukan agar bisnis pelajar ig yang dijalankan dapat berkembang.

Selain beberapa jenis bisnis online yang telah disebutkan, pelajar juga dapat melakukan bisnis pelajar ig dengan affilate marketing, yaitu mempromosikan dagangan orang lain. Tips sepytar bisnis bisa dibaca di laman https://thisnetworth.com/. Semoga bermanfat.