Berbagai Macam Gejala Hepatitis yang Perlu Diketahui

Hepatitis merupakan salah satu jenis penyakit yang menyerang hati. Hal ini dikarenakan penyakit hepatitis adalah sebuah kondisi dimana hati mengalami peradangan. Ada beberapa faktor yang menyebabkan penyakit hepatitis seperti infeksi virus, kebiasaan mengkonsumsi alkohol, beberapa penyakit autoimun, dll. Gejala yang ditimbulkan oleh hepatitis cukup spesifik sesuai dengan jenis hepatitis yang diderita.

Salah satu jenis hepatitis yang menyerang masyarakat adalah hepatitis A. Beberapa gejala yang sering timbul adalah nyeri perut di bagian kanan atas dan disertai dengan rasa mual serta muntah. Selain itu, penderita juga bisa mengalami diare dan penurunan nafsu makan. Hepatitis A juga bisa menyebabkan kulit menguning serta bagian putih mata berubah menjadi warna kuning. Gejala lainnya adalah demam dan warna urine berubah menjadi gelap. Penyakit hepatitis A termasuk dalam jenis hepatitis akut.

Jenis hepatitis yang lain adalah hepatitis B yang termasuk dalam hepatitis akut dan bisa berubah menjadi kronis. Beberapa gejala yang muncul dari hepatitis B adalah sakit perut di bagian kanan atas yang diikuti dengan warna kotoran berubah menjadi putih. Selain itu, penderita juga akan mengalami nyeri tulang dan otot. Sementara itu, bagi penderita penyakit hepatitis B, beberapa gejala yang muncul adalah demam, sakit perut, penyakit kuning, penurunan nafsu makan, serta urine yang memiliki warna gelap. Sedangkan gejala penyakit hepatitis D dan E hampir mirip dengan penyakit hepatitis jenis lainnya.