Beberapa Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia

Islam masuk ke Nusantara mulai dari abad ke 7 lebih tepatnya setelah Indonesia sudah selesai dalam urusan dagang dengan beberapa Negara seperti India, Cina dan juga Arab. Islam menyebar luas secara cepat di Indonesia bukan hanya dari perdagangan saja namun dari pernikahan, politik, bahkan sampai kesenian. Ada banyak pengaruh dan perkembangan Islam di Indonesia dalam bentuk kesenian yang terlihat dari beberapa peninggalan yang ada di Indonesia.

Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia yang Penting

Peninggalan Kerajaan Islam di Indonesia adalah beberapa bangunan masjid yang ada di Indonesia. Ada sejumlah masjid yang memiliki peranan penting dari beberapa tokoh yang menyebarkan agama Islam di Indonesia. Contohnya seperti Masjid Raya Baiturrahman, Masjid Agung Demak, Masjid Sang Cipta, dan beberapa masjid lainnya.

Selain bangunannya berupa masjid, ada juga beberapa makam peninggalan sejarah yang berhubungan dengan agama Islam. Beberapa makam bersejarah lainnya seperti Makam Sultan Malik Al Saleh, Makam Sunan Kalijaga, Makam Sunan Gunung Jati, dan beberapa makam lainnya.

Ada juga peninggalan berupa keraton yang menjadi salah satu pusat pemerintahan dan juga tempat tinggal raja-raja sekaligus keluarganya. Beberapa keraton yang membantu menyebarkan agama Islam sendiri seperti Keraton Demak, Keraton Kasepuhan dan Kanoman, Keraton Surosowan, dan juga Keraton Surakarta. Selain itu, masih ada juga beberapa peninggalan berupa seni kaligrafi yang cukup terkenal oleh Kaligrafi Maulana Malik Ibrahim.