Bahaya Nanas untuk Ibu Hamil yang Perlu Diwaspadai

Buah nanas mengandung zat besi, magnesium, vitamin C, vitamin B6 dan asam folat yang baik bagi ibu hamil. Namun demikian, buah nanas justru akan memberikan dampak yang membahayakan bagi ibu hamil jika dikonsumsi secara berlebih. Selain kandungan vitamin dan mineral yang telah disebutkan sebelumnya, nanas juga mengandung enzim bromelain. Enzim inilah yang diduga kuat dapat menyebabkan kontraksi, keguguran dan pendarahan.

Kandungan vitamin C yang ada pada buah nanas terbilang cukup tinggi. Bagi ibu hamil yang memiliki keluhan lambung atau penyakit maag, mereka sebaiknya menghindari buah berduri ini. Nanas dapat menimbulkan peningkatan asam lambung yang membuat penderita merasa mual dan perut terasa perih. Buah ini juga dapat menyebabkan memicu diare jika dikonsumsi dengan berlebih. Khusus bagi ibu hamil yang belum atau jarang mengkonsumsi buah nanas, mereka dapat mengalami alergi. Gejala yang timbul dapat berupa gatal di bagian mulut, mengalami gangguan pernapasan, gatal kulit dan hidung yang tersumbat.

Bahaya nanas juga dapat berdampak pada bayi yang sedang dikandung oleh ibu hamil. Ketika ibu hamil mengkonsumsi nanas pada kondisi panas, kulit bayi akan mengalami masalah dan memicu alergi. Nanas dalam kondisi panas mampu memicu racun yang membahayakan ibu hamil. Buah nanas tidak akan menimbulkan dampak yang membahayakan selama ibu hamil mengontrol buah nanas yang akan dikonsumsinya.