Asal Usul Kota Ponorogo Karena Bathoro Katong?

Kota Ponorogo dikenal sebagai Kota Reog atau Bumi Reog. Karena kesenian Reog merupakan kesenian yang berasal dari kota ini. Bila membahas daerah ini, anda akan banyak sekali mendapatkan pemahaman terkait kesenian dan kebudayaan. Pastinya anda juga ingin tahu kan bagaimana asal usul dari Kota Ponorogo ini. mari simak ulasan berikut.

Sejarah Kota Ponorogo

Dalam buku Babad Ponorogo yang ditulis oleh Poerwowidjojo pada tahun 1997. Terdapat penjelasan bahwa asal usul dari kota Reog diawali dengan kesepakatan musyawarah Raden Bathoro Katong, Kyai Mirah, Selo Aji dan Joyodipo di hari jum’at saat bulan purnama. Musyawarah tersebut dilakukan di sebuah tempat lapang yang berdekatan dengan gubuk.

Dalam musyawarah tersebut didapatkan kesepakatan bahwa kota yang akan dibangun diberi nama Pramana Raga. Namun seiring berjalannya waktu nama tersebut bergeser Ponorogo. Nama Pramana Raga berasal dari 2 kata yaitu Pramana dan Raga. Pramana memiliki arti sebagai daya kekuatan, atau rahasia hidup. Sedangkan raga memiliki makna sebagai badan.

Makna Pramana Raga

Pramana Raga dimaknai dengan dibalik sebuah raga manusia tersimpan rahasia hidup berupa batin yang mantap dan mapan. Hal tersebut berkaitan dengan pengendalian sifat marah, aluwamah, Shufiah, dan mutmainah. Karena harapannya, manusia yang memiliki kemampuan tersebut akan mampu menempatkan diri saat berada dimanapun.

Tidak asal memberikan nama. Ternyata ada filosofi tersendiri dari penamaan Kota Ponorogo ini. keempat tokoh tersebut benar-benar memikirkan makna dan harapannya terhadap berkembangnya suatu daerah. ada baiknya jika filosofi tersebut benar-benar diwujudkan. Sekian pembahasan kita mengenai sejarah Kota Ponorogo