Berbagai Arti Logo Tut Wuri Handayani

Dalam dunia pendidikan, terdapat semboyan yang digunakan. Semboyan ini bernama Tut Wuri Handayani. Arti dari semboyan Tut Wuri Handayani adalah “Dari belakang, seorang guru harus bisa memberikan dorongan dan arahan”. Semboyan ini dibuat oleh Ki  Hajar Dewantara yang merupakan Bapak Pendidikan RI. Beliau juga mendirikan Perguruan Taman Siswa. Semboyan Tut Wuri Handayani juga memiliki logo yang digunakan dalam dunia pendidikan. Logo Tut Wuri Handayani juga digunakan sebagai logo Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Lambang ini memiliki makna yang mendalam sehingga masyarakat yang menggunakannya diharapkan dapat memahami makna dari lambang Tut Wuri Handayani.

Ornamen dan Makna Lambang Tut Wuri Handayani

Lambang Tut Wuri Handayani dapat mudah ditemukan dalam berbagai macam seragam anak sekolah. Bentuk lambang Tut Wuri Handayani terbilang unik dan memiliki makna yang mendalam. Bentuk dari lambang Tut Wuri Handayani terdiri dari beberapa ornamen yaitu bidang segi lima (biru muda), semboyan Tut Wuri Handayani, belencong menyala bermotif Garuda, burung garuda, dan buku. Sedangkan warna yang digunakan pada logo Tut Wuri Handayani adalah putih, kuning emas, dan biru muda.

Salah satu bentuk ornamen yang ada pada logo Tut Wuri Handayani adalah bidang segi lima yang berwarna biru muda. Bidang segi lima ini menggambarkan jumlah butir dalam Pancasila serta sebagai alam kehidupan dari Pancasila yang berjumlah lima. Di bagian atas logo, terdapat tulisan TUT WURI HANDAYANI. Hal ini dilakukan sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan terhadap Ki Hajar Dewantara yang menjadikan semboyan Tut Wuri Handayani sebagai panduan dalam menjalankan pendidikan. Sementara itu, belencong yang menyala menunjukkan bahwa pendidikan dapat menerangi kehidupan. Belencong menyala juga memiliki motif burung Garuda. Makna filosofi dari burung Garuda adalah pendidikan harus bersifat dinamis dan mandiri untuk mengarungi angkasa luas. Sementara itu, jumlah ekor dan sayap Garuda juga ada lima. Hal ini sejalan dengan lima butir Pancasila. Sedangkan buku yang ada di bagian bawah lambang menjadi simbol sumber ilmu yang akan memberikan banyak manfaat dalam kehidupan manusia.

Setiap warna yang ada pada lambang Tut Wuri Handayani juga memiliki makna tersendiri. Salah satunya adalah warna putih yang terdapat pada bagian ekor Garuda, sayap Garuda, dan buku. Warna putih memiliki arti bersih dan suci. Selain itu, makna yang lainnya adalah pendidikan tanpa pamrih. Sementara itu, warna biru muda yang menjadi background dari logo Tut Wuri Handayani memiliki arti bahwa pengabdian yang dilakukan tidak akan putus. Selain itu, pengabdian tersebut juga mengacu pada pandangan hidup yang ditentukan oleh Pancasila. Warna kuning emas pada belencong menyala menandakan keluhuran pengabdian yang dilakukan.

Menggunakan Logo Tut Wuri Handayani

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, logo Tut Wuri Handayani sering digunakan dalam berbagai macam benda dan aktivitasnya. Salah satunya adalah seragam sekolah pada setiap level pendidikan. Selain itu, logo Tut Wuri Handayani juga digunakan dalam berbagai macam dokumen pendidikan, kegiatan pendidikan, papan nama lembaga pendidikan, dll. Oleh karena itu, agar logo Tut Wuri Handayani tersebut dapat terlihat dengan jelas, masyarakat perlu menggunakan gambar logo Tut Wuri Handayani dengan kualitas terbaik. Umumnya, gambar dengan resolusi tinggi dapat digunakan dengan jelas. Untuk mendapatkan gambar logo Tut Wuri Handayani, masyarakat bisa mengunduhnya dari situs yang secara khusus menyediakan gambar logo dengan kualitas tinggi. Salah satunya adalah situs Namatin.