Apa pengertian Kewirausahaan?

Seiring berjalnnya waktu, kewirausahaan merupakan sebuah bidang yang lambat laut dilirik oleh banyak orang, khususnya anak muda. Ditambah di Era Digital seperti sekarang, sehingga semuanya serba mudah dan lebih praktis.

Pengertian kewirausahaan

Kewirausahaan dapat ditinjau dari pengertian menurut bahasa dan menurut istilah. Sehingga dari keduanya dapat peroleh kesimpulan yang lebih mendalam mengenai makna kewirausahaan.

Menurut bahasa

Kata kewirausahaan berasal dari wirausaha. Dimana kata wirausaha adalah gabungan dari  wira yang berarti laki-laki atau pahlawan dan usaha yang memiliki arti suatu kegiatan atau aktivitas yang mengerahkan seluruh tenaga maupun pikiran demi tercapainya suatu tujuan.

Maka kata wirausaha, dapat diartikan sebagai seorang yang melakukan sesuatu dengan segala kemampuannya untuk mencapai maksud tertentu. Namun, seiring berjalannya waktu wirausaha berkembang menjadi kewirausahaan.

Hal ini karena istilah kewirausahaan merupakan sinonim dari kata bahasa inggris yaitu, entrepreneurship. Kata entrepreneurship ini sendiri sebenarnya berasal dari kata berbahasa perancis, yakni entreprende. Kata tersebut memiliki makna pencipta, pengelola usaha, serta petualang.

Menurut para ahli

  1. Thomas W. Zimmerer

Kewirausahaan merupakan sebuah penerapan dalam berinovasi dan berkreativitas dengan tujuan memecahkan masalah serta memanfaatkan setiap peluang setiap hari.

  1. Norman M. Scarborough dan  Zimmerer

Kewirausahaan merupakan sebuah proses dalam menciptakan sesuatu hal yang berbeda dengan mengorbankan seluruh tenaga maupun waktu bahkan menanggung seluruh resiko keuangan, sosial, kejiwaan, dan menerima hasil dari jasa baik dalam bentuk uang maupun rasa puas dalam diri.

  1. Joko Untoro

Kewirausahaan adalah suatu bentuk dari keberanian yang dimiliki oleh seseorang dalam memaksimalkan potensi yang dimiliki sehingga bermanfaat, baik untuk diri maupun untuk orang lain.

Pengertian kewirausahaan dapat disimpulkan sebagai suatu bentuk usaha dalam menentukan, mengembangkan, dan mengeksekusi  sebuah inovasi maupun kesempatan sehingga memiliki suatu kebermanfaatan untuk diri sendiri maupun orang lain.