Apa itu Sholat Tahajud?

Sholat tahajud juga dikenal sebagai Qiyam-u-lail. Sholat tahajud termasuk dalam kategori keempat shalat, yaitu sunnah. Sunnar berarti bahwa sholat tahajud bersifat opsional dan melewatkannya tidak dihitung sebagai dosa. Waktu yang tepat untuk sholat tahajud biasanya dilakukan pada sepertiga malam dan batasnya hingga sebelum adzan subuh.

Tahajud berarti berhenti tidur, oleh karena itu sholat ini sebaiknya dilakukan pada sepertiga malam terakhir. Menurut Islam, Allah turun ke langit terendah pada bagian malam ini untuk melihat siapa yang beribadah dan meninggalkan tidur mereka di tengah malam. Karena itulah waktu yang tepat untuk sholat tahajud antara jam satu hingga jam tiga dini hari.

Keutamaan Sholat Tahajud

Sholat tahajud juga dikenal sebagai sholat malam. Sholat tahajud tidak dianggap wajib. Namun jika Anda melakuakn shoat tahajud maka aka nada berkah dan perubahan yang cukup signifikansi. Sholat tahajud diyakini sebagai yang paling mulia diantara ibadah sunnah lainnya. Tentunya Anda pasti pernah mendengar beberapa keutamaan sholat tahajud.

Mereka yang melakukan shalat Tahajud secara teratur pasti akan mendapatkan berkah dari Allah. Dikatakan juga bahwa sholat ini membawa seorang Muslim lebih dekat kepada Yang Mahakuasa dan hidupnya dipenuhi dengan kedamaian dan kecerahan.

Cara Melakukan Tahajud

Sholat tahajud dilakukan pada sepertiga malam dan sebelum dimulainya sholat subuh. Waktu sholat ini adalah saat malaikat turun dari surga atas perintah Allah untuk berdoa kepada semua hamba Allah. Selama waktu inilah Allah mengampuni para pendosa dan Allah akan menebus dosa-dosa mereka.

Meskipun sholat ini tidak wajib, namun banyak Muslim di seluruh dunia berusaha untuk memasukkan sholat Tahajjud dalam rutinitas sehari-hari mereka untuk mendapatkan rahmat dan pengampunan dari Yang Maha Kuasa. Berikut adalah beberapa pedoman penting, yang ditetapkan oleh Nabi Muhammad (SAW), untuk melakukan sholat ini:

  1. Persiapan sholat

Buatlah alarm yang tepat untuk bangun di sepertiga malam. Anda juga bisa eminta anggota keluarga untuk membangunkan Anda sebelum sholat subuh. Saat Anda sudah bisa bangun di sepertiga malam, maka lakukan wudhu dengan baik dan benar. Lalu siapkan tempat yang damai dan bersih untuk melakukan sholat tahajud.

  1. Melaksanakan sholat tahajud

Saat memulai sholat, penting untuk diingat bahwa shalat akan tujuan dari shalat tahajjud. Bisa jadi niat Anda melaksanakan sholat tahajud adalah untuk mencari rahmat Allah, untuk berterima kasih kepada Yang Mahakuasa, atau untuk mendekatkan diri kepada Allah. Ada banyak alasan mengapa orang melaksanakan sholat tahajud.

Untuk memulai Tahajjud, dua rakaat Shalat dilakukan pada awalnya. Anda harus berdiri dan membaca ayat-ayat dari Al-Qur'an. Setelah itu dilanjutkan ruku dengan kedua tangan diletakkan di atas lutut. Lalu Anda bersujud ke lantai dengan telapak tangan, hidung, dan dahi menyentuh lantai. Ketika duduk untuk berdoa, serahkan sepenuhnya kepada Allah.

Seseorang dapat mengulangi rakaat sesuai keinginan mereka. Untuk shalat Tahajud, biasanya dua rakaat dianggap cukup. Setelah Anda dapat menambahkan doa Anda sendiri. Doa harus tulus dan sepenuhnya ditujukan kepada Allah. Saat melakukan doa, seseorang harus mengakui kesalahan dan meminta belas kasihan kepada Yang Mahakuasa.

Dengan melakukan sholat tahajud, maka hidup Anda akan menjadi lebih tenang dan diberkahi dalam setiap aktivitasnya. Memang melaksanakan sholat tahajud amat berat pada awalnya. Namun dengan niat yang baik maka Anda akan bisa terbangun di sepertiga malam untuk melaksanakan sholat sunnah ini.