Apa itu Poltekip dan tugasnya

Apa itu Poltekip dan tugasnya akan kami jawab secara ringkas pada artikel kali ini, jadi untuk kamu yang ingin melanjutkan pendidikan kedinasan tidak boleh melewatkan artikel ini.

Apa Itu Poltekip dan Tugasnya?

Poltekip atau Politeknik Ilmu Pemsyarakatan adalah sebuah perguruan tinggi kedinasan milik dari Dapartemen Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia. Dimana Poltekip ini didirikan dengan memiliki tugas pokok untuk membentuk sumber daya manusia untuk menjadi kader pemasyarakatan dengan melakasankan pendidikan di jalur pendidikan profesional D4 dengan keahlian khusus di bidang Permasyarakatan.

Sejarah Poltekip

Sejarah berdirinya Poltekip atau Politeknik Ilmu Pemsyarakatan dicetuskan oleh DR. SAHARDJO, S.H di Istana Negara di tanggak 5 Juli 1963. Saat beliau menerima gelar Doctor Honoris Causa dari Universitas Indonesia dalam orasi ilmiah yang memiliki judul Pohon Beringin Pengayoman. Di dalam pidatonya tersebut menyatakan tujuan pidana penjara yaitu pemasyarakatan.

Dengan dicetuskanya konsep tersebut, untuk merealisasikannya di tanggal 27 April 1964 dibentuklah Konferensi Dinas Kepenjaraan di Lembang Bandung. Dimana pada konfersi ini memutuskan penggantian Sistem Kepenjaraan dengan sistem baru yang dinamakan Sistem Pemasyarakatan.

Untuk bisa melaksanakan sistem Pemasyarakatan tersebut, maka dibutuhkan sumber daya manusia yang memiliki kualifikasi yang memadai di bidang Pemasyarakatan. Sehingga perlu menciptakan kader Pemasyarakatan yang memiliki pendidikan di Bidang Akademis untuk dijadikan sebagai pelopor. Dan kemudian di tanggal 24 Oktober 1964 ditetapkanlah Kepres RI Nomor 270/1964 yang mersmikan pendirian Akademi Ilmu Pemasyarakatan.

Akademi ini didirikan sebagai Kawah Candradimuka para kader Pemasyarakatan yang mempunyai tugas pokok untuk melaksanakan pendidikan profesional D4 dan agar kader Pemasyarakatan memiliki keahlian khusus tentang Pemasyarakatan.

Program Studi di Poltekip

Ketika kamu tertarik untuk mendaftar sekolah kedinasan di Poltekip, kamu bisa memilih salah satu program studi di Poltekip, seperti :

  • D4 Bimbingan Pemasyarakatan

  • D4 Teknik Pemasyarakatan

  • D4 Manajemen Pemasyarakatan

Program Pendidikan di Poltekip

Di dalam sekolah kedinasan Poltekip, terdapat 3 program pendidikan yang wajib dilaksanakan seperti :

1. Program Pendidikan Akademis

Program pendidikan akademis ini memiliki tujuan untuk mendidik Taruna agar bisa menguasai ilmu pengetahuan dan keahlian yang akan mendukung secara langsung dan tak langsung di dalam pelaksanaan sitem Pemasyarakatan yang ada di Indonesia. Sehingga Taruna nantinya bisa melaksanakan tugas dengan pengabdian penuh dan mempunyai rasa tanggung jawab yang besar terhadap tugas yang diamanahkan.

2. Program Pendidikan Kepribadian

Program pendidikan kepribadian memiliki tujuan untuk membentuk jati diri taruna untuk bisa menjadi kader Pemasyarakatan yang memiliki jiwa Pancasila, Tanggon dalam kepribadian, tanggap dalam pengetahuan, dan terengginas di dalam jasmani dan juga memiliki jiwa welas asih dalam melakukan tindakan.

3. Program Pendidikan Profesi

Program pendidikan profesi memiliki tujuan agar bisa memberikan pembekalan ketramipilan untuk belak kader pemasyarakatan saat melaksanakan tugasnya dengan baik.

4. Program Pendidikan Jasmani

Program pendidikan jasmani memiliki tujuan untuk mengembangkan dan menumbuhkan jasmani yang sehat. Sehingga akan mendapatkan sikap samapta dan memiliki daya tahan tubuh tinggi ketika melaksanakan tugas.

Tahapan Seleksi Poltekip

Jika kamu tertarik untuk mendaftar di sekolah kedinasan atau perguruan kedinasan Poltekip. Maka kamu harus melewati 3 tahapan seleksi di Poltekip. Tahapan seleksi di Poltekip memiliki sistem gugur. Sehingga jika di tahap pertama gugur maka tidak memiliki hak untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Berikut ini adalah 3 tahapan seleksi Poltekip :

1. Seleksi Administrasi

Seleksi administrasi di Poltekip terdiri dari verifikasi berkas asli dan pengukuran tinggi

Badan dan Verifikasi Berkas Unggah.

2. Seleksi Kompetensi Dasar (SKD)

Tahapan ini akan mengerjakan tes atau ujian seleksi kompetensi dasar untuk bisa masuk Poltekip.

3. Seleksi Lanjutan

Terdiri dari beberapa seleksi seperti : seleksi kesehatan, seleksi kesamaptaan, seleksi psikotes dan wawancara psikotes dan seleksi WPFK atau Wawancara, pengamatan fisik dan Ketrampilan.

Ketika sudah selesai semua tahapan seleksi Poltekip di atas, maka tinggal menunggu tahap akhir dinyatakan lulus atau tidak. Jika dinyatakan lulus maka kamu akan menjadi taruna di sekolah kedinasan Poltekip.

Untuk mempermudah lolos tahap seleksi POLTEKIT di atas, kamu wajib untuk ikut program BIMBEL POLTEKIP.