Anti Ribet, Berikut 3 Cara Tanam Vanili dengan Mudah

Bagi yang suka dengan dunia masak memasak pasti sidah tidk asing lagi dengan tanaman vanili bukan? jadi tanaman vanili ini nanti akan diolah dan menghasilkan bubuk. Bubuk vanili ini dalam dunia masak-memasak akan dimanfaatkan untuk memberikan aroma yang sedap serta menambah cita rasa makanan. Lalu bagaimana cara tanam vanili? Berikut ini penjelasannya untuk anda.

3 Cara Menanam Vanili dengan Mudah

  1. Mempersiapkan Bibit

Dalam proses pemilihan bibit yang unggul, maka anda bisa membelinya pada toko pertanian. Bahkan anda juga bisa membeli produk bibit vanili ini secara online. Asal anda tahu, bibit yang ada dalam tanaman vanili ibi umumnya kan berupa sulur yang pastinya harus sehat sert mempunyai kualitas yang sangat baik.

  1. Mempersiapkan Media Tanam

Supaya memperoleh kualitas hasil tanaman vanili yang bagus, maka nad juga harus menyiapkan media tanam yang sehat. Umumnya untuk media tanam yang digunakan harus sehat dan bersifat organik. Untuk tanaman vanili ini biasanya mempunyai sifat epifit seperti anggrek. Sehingga akan membutuhkan aneka bahan organik seperti pupuk, sekam, dan serabut kelapa.

  1. Proses Penanaman

Bagian ketiga yang tidak boleh ketinggalan adalah proses penanaman. Caranya yaitu dengan bibit berupa sulur dipotong menjadi 2 bagian. Jangan lupa bersihkan daunnya agar tanaman bisa lebih lebat. Jika sudah jemurlah tanaman hingga layu sekitar setengah jam. bila sudah masukkan bibit tersebut kedalam wadah seperti polybag, dan jangan lupa untuk menyiram tanaman tersebut secara rutin.

Kesimpulannya bahwa tanaman vanili ini nantinya akan diolah menjadi serbuk yang bermanfaat untuk kebutuhan dapur keluarga. Dan dalam proses penanamannya membutuhkan 3 cara. Cara pertama yaitu dengan mempersiapkan bibit, kedua menyediakan media tanam, dan yang terakhir adalah proses penanaman.