4 Khasiat Biji Mahoni dan Efek Sampingnya Bagi Kesehatan

Pohon mahoni lebih dikenal kayunya yang bermanfaat sebagai furniture. Namun, faktanya justru biji mahoni juga bermanfaat bagi kesehatan. Belum banyak penelitian ilmiah yang menerangkan khasiat biji mahoni namun masyarakat percaya bahwa biji mahoni mampu mengatasi masalah pada kesehatan.

Orang terdahulu banyak memanfaatkan tanaman maupun biji-bijian yang terdapat dari alam. Tanpa adanya informasi tentang dampak buruk dari herbal tersebut namun ramuan herbal tersebut telah menyembuhkan beberapa penyakit.

4 Khasiat Biji Mahoni Bagi Kesehatan

Biji-bijian hingga saat ini banyak dimanfaatkan sebagai obat herbal termasuk biji mahoni. Jika digunakan untuk keperluan kesehatan maka perhatikan manfaat biji mahoni berikut:

  1. Menjaga kondisi kesehatan jantung

  2. Mengatasi masalah eksim dan rematik

  3. Mengurangi nyeri haid

  4. Bisa menyembuhkan flu (batuk dan pilek)

Untuk mengonsumsi biji mahoni cukup mudah. Namun, agar kondisi tubuh tetap stabil sebaiknya minum air putih terlebih dahulu 1-2 gelas. Jika digunakan untuk menjaga kesehatan, konsumsi satu biji mahoni atau satu butir kapsul biji mahoni.

Disebutkan bahwa biji mengkudu sampai saat ini belum ada penelitiannya sehingga efek samping masih samar dan perlu diwaspadai. Konsumsi biji mahoni dalam jumlah melebihi batas bisa menyebabkan gangguan hati.

Oleh karena itu, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu untuk mengetahui takaran aman dalam konsumsi biji mahoni. Banyaknya khasiat biji mengkudu tetap baik dikonsumsi dalam jumlah terbatas. Sehingga kondisi kesehatan tetap terjaga dengan baik.