2 Minuman untuk Daya Tahan Tubuh dengan Bahan Dapur

Pada musim hujan, tubuh akan mudah terserang penyakit. Maka, Anda harus meningkatkan imunitas tubuh. Ada 2 minuman untuk daya tahan tubuh yang mudah Anda buat.

Minuman peningkat imun ini terbuat dari bahan sehat yang mudah didapat. Selain itu, bahan-bahannya juga kaya manfaat selain menjaga kekebalan tubuh. Minuman apa itu? check it out!

Jahe Kunyit

Minuman jahe kunyit memang sangat dipercaya sebagai peningkat imun sejak dulu. Bahkan, banyak yang memanfaatkan jahe untuk meredakan rematik, masuk angin, dan lain-lain. Sedangkan kunyit dapat membunuh bakteri jahat karena kandungan kurkuminnya.

Kedua bahan dapur tersebut bisa menjadi racikan yang akan memperkuat imun Anda. Cara membuatnya seperti langkah berikut:

Bahan

  • Jahe (2 ruas)

  • Kunyit (3 cm)

  • Madu (2 sdm)

  • Serai (1 batang)

  • Air (300 ml)

Langkah membuat

  1. Geprek sebatang serai dan jahe dan iris kunyi kecil-kecil

  2. Rebus 300 ml air sampai mendidih. Lalu, masukkan serai, kunyit, serta jahe ke dalam air tersebut. Biarkan dulu kurang lebih 10 menit.

  3. Setelah 10 menit, matikan kompor. Agar lebih nikmat dna manis, tambahkan 2 sdm madu (sesuai selera) dan aduk hingga rata.

  4. Tuang ramuan tersebut ke dalam gelas. Segera minum dalam keadaan hangat.

Teh Lemon Madu

Anda pasti sudah tahu bahwa lemon akan terasa segar jika diolah menjadi minuman. Ternyata, lemon pun berperan sebagai zat anti inflamasi. Lemon mengandung vit. C yang bisa mengebalkan imun tubuh. Selain itu, kandungan saponin dalam lemon pun dapat melawan mikroba.

Memadukan lemon dan madu tak hanya berfungsi membuat rasanya lebih enak. Madu berfungsi sebagai anti bakteri dan anti jamur. Berikut adalah cara mudah membuat racikan minuman sehat dari madu dan lemon.

Bahan

  • Perasan lemon (1 sdm)

  • Air hangat (250 ml)

  • Teh hijau (1 bungkus)

  • Madu (1 sdm)

Langkah membuat

  1. Siapkan air hangat dalam gelas dan tambahkan teh hijau ke dalamnya.

  2. Tuangkan madu dan perasan lemon. Lalu, aduk campuran tersebut hingga rata.

  3. Minum segera saat masih hangat agar lebih nikmat.

Itulah 2 resep minuman untuk kekebalan tubuh. Anda bisa membuatnya kapanpun tanpa menguras waktu, tenaga, juga uang. Anda pun mendapatkan bonus tubuh sehat. Give it try!